Website Unigal : www.universitas-galuh.ac.id / email : unigalciamis@gmail.com

02 Februari 2011

PROFIL UNIVERSITAS GALUH

www.universitas-galuh.ac.id


Selayang Pandang Universitas Galuh

Masyarakat tatar galuh sangat mengharapkan dan mendambakan agar memiliki Perguruan Tinggi yang dapat dibanggakan, seiring dengan sulitnya melanjutkan studi ke perguruan tinggi khususnya bagi masyarakat ciamis sangat dirasakan oleh para generasi muda ciamis sebagai penerus bangsa yang memiliki idealisme dan patriotisme kebangsaan serta memiliki jiwa peduli atas utuhnya persatuan dan kesatuan bangsa, berbekal ilmu pengetahuan, keterampilan dan akhlak mulia.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan,Universitas Galuh tetap menjaga kualiatas infrastruktur,efisiensi, efektifitas administrasi dan organisasi internal sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Menyadari akan arti keberadaan Perguruan Tinggi sebagai Wahana pembentukan watak dan kepribadian serta intelektual dalam pembentukan kecerdasan yang dilandasi oleh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Universitas Galuh tengah berusaha mempersiapkan pola pendekatan berbasis mutu melalui sistem lembaga penjamin mutu, sebagai langkah standarisasi input,output dan proses demi kepuasan “Stakeholder“. Upaya tersebut kami lakukan melalui pembenahan pembenahan mekanisme dan tata laksana organisasi beserta kelengkapannya,peningkatan profesional dosen dan staf terhadap mahasiswa sehingga menciptakan atmosfer akademik yang kondusif dan demokratis.

Dalam konteks “Postmoderrism“ pendidikan tinggi bukanlah merupakan proses memperoleh “Ijazah“ saja namun lebih diorientasikan kepada memperoleh value/nilai-nilai moral yang tinggi melalui penekanan “critical thinking “ sehingga mahasiswa akan peka terhadap isu kesetaraan, demokratisasi, hubungan antar mahasiswa dalam kontek plural dan hak untuk maju (berkreatifitas tanpa mengorbankan hak-hak orang lain).

Karenanya Universitas Galuh berkomitmen untuk segera melakukan langkah-langkah penjamin mutu layanan akademik dengan menghindari praktik-praktik yang tidak bertanggungjawab dan tidak bermartabat .


VISI. MISI UNIVERSITAS GALUH

VISI :

UNIGAL menjadi Universitas Unggulan yang Berdaya Saing Global pada Tahun 2029”

Unggul dan berdaya saing global dalam rumusan visi UNIGAL mengandung makna bahwa target UNIGAL menjadi perguruan tinggi yang memenuhi standar-standar internasional dan luaran yang dihasilkan adalah lulusan yang memiliki kemampuan atau hard skills dan soft skills yang bermutu sehingga berdaya saing tinggi di masyarakat dan dunia kerja secara global.

MISI:

1. Meningkatkan mutu manajemen internal perguruan tinggi yang diharapkan akan meningkatkan efisiensi internal dan pada gilirannya akan meningkatkan citra institusi di mata stakeholders.

2. Mengembangkan institusi yang ditujukan untuk meningkatkan mutu dan relevansi perguruan tinggi agar dapat berkonstribusi dalam meningkatkan daya saing bangsa serta perluasan akses pada pendidikan tinggi bagi masyarakat.

3. Mendorong dan mengembangkan unggulan dan inovasi perguruan tinggi di bidang penelitian dan / atau pelayanan masyarakat yang secara langsung dapat membantu peningkatan daya saing daerah dan pembangunan nasional.

4. Mengembangkan program unggulan perguruan tinggi seperti peningkatan jumlah publikasi ilmiah, pertukaran dosen/mahasiswa, kerja sama serta perolehan status akreditasi yang kesemuanya bertaraf internasional untuk meningkatkan daya saing global.

5. Menjadikan sistem manajemen kinerja balance scorecard sebagai alat penjaminan mutu dan untuk menilai kinerja unit-unit di lingkungan UNIGAL agar termotivasi untuk berprestasi.

TUJUAN :

1. Meningkatkan kualitas tatakelola dan penjaminan mutu untuk meningkatkan posisi sebagai PT yang berstandar internasional yang didasari manajemen berbasis perencanaan dan penjaminan mutu dengan sasaran mempertahankan dan meningkatkan mutu, daya saing lulusan dan perluasan akses.

2. Melengkapi infrastruktur, dengan menyediakan fasilitas dan peralatan utama, rencana pengembangan sarana dan prasarana, serta laboratorium untuk meningkatkan pelayanan terhadap stakeholder internal.

3. Mengkondisikan finansial UNIGAL yang sehat dan terencana dengan transparansi dan akuntabilitas yang mengacu pada prinsip akuntansi berterima umum serta peningkatan sumber pendanaan di luar pendapatan dari mahasiswa.

4. Mengembangkan SDM UNIGAL yang mencakup pengembangan dosen, mahasiswa, dan karyawan yang mendukung mutu produk dengan sistem human resource plan and scorecard .

5. Menjadikan suasana kampus yang sejuk dan harmonis, sehingga mendorong semangat belajar dan berkarya yang berkesinambungan bagi sivitas akademika.

6. Meningkatkan mutu pelayanan pendidikan yang memuaskan stakeholder internal dan eksternal sesuai dengan standar nasional pelayanan pendidikan.

7. Meningkatkan proses pembelajaran yang bermutu dan berdaya saing.

8. Mengembangkan sistem administrasi yang mengacu ke SADA menuju organisasi yang mantap dan sinergi.